Image of Partisipasi Masyarakat dalam Kreativitas Pengembangan Wisata Kampung Tematik (Studi Kasus: Kampung Pulo Geulis, Kota Bogor, Jawa Barat)

Karya Ilmiah Dosen

Partisipasi Masyarakat dalam Kreativitas Pengembangan Wisata Kampung Tematik (Studi Kasus: Kampung Pulo Geulis, Kota Bogor, Jawa Barat)



Kreativitas masyarakat dan partisipasi masyarakat dibutuhkan untuk menciptakan atraksi baru agar destinasi wisata kampung tematik tetap hidup dan berkelanjutan seperti di Kampung Pulo Geulis. Kampung Pulo Geulis di Kota Bogor merupakan salah satu kampung tematik yang berada dalam proses pengembangan pariwisata. Keunikan dari kampung ini adalah kreativitas masyarakat dalam menciptakan kreasi mural pada dinding kampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan kreativitas masyarakat dan jenis partisipasi atau keterlibatan yang dimiliki masyarakat di Kampung Pulo Geulis. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan dokumentasi hasil observasi. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan kreativitas masyarakat di Kampung Pulo Geulis telah melewati tahap pembentukan ide kreatif, dan ketersediaan ruang basis aktivitas kreatif. Sementara dalam hal partisipasi masyarakat yang paling menonjol di Kampung Pulo Geulis adalah partisipasi dalam pelaksanaan, dan partisipasi pengambilan manfaat.


Ketersediaan

EKIDUPT200048EKIDUPT200048Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
Journal of Tourism Destination and Attraction Volume 8 No.1 Juni 2020
No. Panggil
Mandiri-EKIDUPT200048
Penerbit Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
12 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
2685-6026
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this