Detail Cantuman
Karya Ilmiah Dosen
Analisis Daya Tarik Pasar melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Manajemen Kerelasian serta Implikasinya terhadap Keputusan Nasabah serta Kinerja Pemasaran Unggul pada Bank Umum Syariah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya tarik pasar Bank Umum Syariah, di samping itu juga untuk mengetahui bagaimana komunikasi pamasaran terpadu dan manajemen kerelasian pelanggan dapat berimplikasi pada keputusan nasabah dan kinerja pemasaran yang unggul. Daya tarik pasar Bank Umum Syariah dapat dianalisis melalui market force, competitive environment dan market access. Dalam terminologi perbankan syariah dikenal nasabah emosional/spiritual dan nasabah rasional. Perilaku nasabah yang rasional ini menjadi unit analisis pada kajian ini. Segmen nasabah yang rasional perlu digarap secara serius melalui kegiatan komunikasi pemasaran terpadu, sehingga pengembangan dan pemasaran produk serta layanan perbankan syariah dapat lebih optimal. Di samping itu dengan menggunakan manajemen kerelasian pelanggan akan dapat mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggan, sehingga ikatan emosional mampu menciptakan hubungan yang erat dan terbuka. Hal ini menciptakan jalinan komunikasi dua arah yang dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan. Dengan menggunakan model perilaku konsumen, maka dapat diketahui keputusan yang diambil oleh nasabah dalam menentukan pilihan berbagai produk, merk, pilihan kantor layanan, jumlah dan waktu transaksi, serta metode pambayaran pada Bank Umum Syariah. Nasabah yang berhubungan dengan bank dapat memanfaatkan produk sesuai dengan kebutuhan dan motif yang ada padanya. Hal ini berlaku baik pada produk penghimpunan dana (funding), produk penyaluran dana (lending), maupun produk di bidang jasa (fee based income product). Pengukuran kinerja perusahaan menurut Burlaka (2006) adalah keunggulan posisi dan kinerja industri perbankan yang berasal dari ketrampilan super (superior skill) dan sumber daya super (superior resources) yang berinteraksi menciptakan kapabilitas inti (core capabilities) dalam rangka menghasilkan kinerja dengan indikator profitabilitas (kemampulabaan), pangsa pasar, kepuasan, dan loyalitas konsumen.
Ketersediaan
EKIDUPT180043 | EKIDUPT180043 | Perpustakaan Pusat (EKIDUPT180043) | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
The 6th MRC’s Doctoral Journey in Management. ‘How to Enhace Globability in The New World’
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Management Research Centre, Departement of Management, FE UI: Jakarta., 2010 |
Deskripsi Fisik |
31 p.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
978-979-1060-04-2
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|