Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PENDAFTARAN PASIEN GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS DUREN SERIBU DEPOK
Nana Nawasiah - Pembimbing Materi
Soebagyo - Pembimbing Metodologi
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian pada Puskesmas Duren Seribu Depok. Model antrian yang digunakan adalah model (M/M/S), dengan jumlah loket pendaftaran adalah dua loket, disiplin antrian yang digunakan adalah First Come First Served (FCFS) yaitu pasien yang pertama datang yang pertama dilayani. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kedatangan pasien per hari adalah 80 orang dan rata-rata tingkat pelayanan per jam adalah 20 orang. Pengolahan data menggunakan POM-QM for Windows 5, hasilnya adalah setiap pasien membutuhkan waktu 4,14 menit untuk dilayani, hal ini dibawah waktu standar yang ditetapkan Puskesmas Duren Seribu yaitu 3 menit. Pelayanan pasien kurang optimal karena standar waktu yang ditetapkan belum tercapai. Oleh karena itu, pihak Puskesmas Duren Seribu perlu mempertimbangkan adanya penambahan satu loket lagi menjadi tiga loket untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal
Kata Kunci : Sistem Antrian, Multiple Channel Query System (M/M/S), First Come
First Served (FCFS)
Ketersediaan
1115210021/FEB | 621/FEB | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
621/FEB
|
Penerbit | Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP): ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
1115210021/FEB
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain