Image of ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PENDAFTARAN PASIEN GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS DUREN SERIBU DEPOK

Karya Ilmiah Mahasiswa

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PENDAFTARAN PASIEN GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PUSKESMAS DUREN SERIBU DEPOK



ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian pada Puskesmas Duren Seribu Depok. Model antrian yang digunakan adalah model (M/M/S), dengan jumlah loket pendaftaran adalah dua loket, disiplin antrian yang digunakan adalah First Come First Served (FCFS) yaitu pasien yang pertama datang yang pertama dilayani. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kedatangan pasien per hari adalah 80 orang dan rata-rata tingkat pelayanan per jam adalah 20 orang. Pengolahan data menggunakan POM-QM for Windows 5, hasilnya adalah setiap pasien membutuhkan waktu 4,14 menit untuk dilayani, hal ini dibawah waktu standar yang ditetapkan Puskesmas Duren Seribu yaitu 3 menit. Pelayanan pasien kurang optimal karena standar waktu yang ditetapkan belum tercapai. Oleh karena itu, pihak Puskesmas Duren Seribu perlu mempertimbangkan adanya penambahan satu loket lagi menjadi tiga loket untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal


Kata Kunci : Sistem Antrian, Multiple Channel Query System (M/M/S), First Come
First Served (FCFS)


Ketersediaan

1115210021/FEB621/FEBPerpustakaan Fakultas Ekonomi & BisnisB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
621/FEB
Penerbit Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP): .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
1115210021/FEB
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this