Image of ANALISIS ANTRIAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PELAYANAN PADA PTP PRATAMA JAKARTA CILANDAK

Karya Ilmiah Mahasiswa

ANALISIS ANTRIAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PELAYANAN PADA PTP PRATAMA JAKARTA CILANDAK



ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antrian yang terjadi di pelayanan TPT KPP Pratama Jakarta Cilandak, serta apakah metode antrian yang telah diterapkan sudah tepat dan memenuhi harapan nasabah. Sampel dalam penelitian ini adalah antrian di TPT KPP Pratama Jakarta Cilandak yang bergerak dibidang jasa. Variable yang diteliti meliputi panjang antrian, panjang antrian dalam system, rata-rata waktu tunggu sampai dilayani. Data yang diperoleh melalui data primer dengan cara observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan rumus antrian model A. metode yang digunakan yaitu Single Channel Query System. Pola pelayanan berdistribusi poisson dengan disiplin antrian Fist Come First Served (FCFS). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kegunaan pelayanan sebesar 5,8 %, nilai rata-rata kedatangan nasabah per jam (?) 25,4 (26 orang) dan rata-rata tingkat pelayanan per jam (?) 30 orang, dengan ketentuan standar waktu 2 menit setiap nasbah yang dilayani selama satu jam. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan TPT KPP Pratama Jakarta Cilandak tetap menggunakan model antrian sesuai dengan teori yang ada.

Kata kunci: Antrian, Pelayanan


Ketersediaan

1114210119/FEB624/FEBPerpustakaan Fakultas Ekonomi & BisnisB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
624/FEB
Penerbit Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP): .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
1114210119/FEB
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this