Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
ANALISIS ANTRIAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT PELAYANAN PADA PTP PRATAMA JAKARTA CILANDAK
Iha Haryani Hatta - Pembimbing Materi
Murti Widyaningsih - Pembimbing Metodologi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antrian yang terjadi di pelayanan TPT KPP Pratama Jakarta Cilandak, serta apakah metode antrian yang telah diterapkan sudah tepat dan memenuhi harapan nasabah. Sampel dalam penelitian ini adalah antrian di TPT KPP Pratama Jakarta Cilandak yang bergerak dibidang jasa. Variable yang diteliti meliputi panjang antrian, panjang antrian dalam system, rata-rata waktu tunggu sampai dilayani. Data yang diperoleh melalui data primer dengan cara observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan rumus antrian model A. metode yang digunakan yaitu Single Channel Query System. Pola pelayanan berdistribusi poisson dengan disiplin antrian Fist Come First Served (FCFS). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kegunaan pelayanan sebesar 5,8 %, nilai rata-rata kedatangan nasabah per jam (?) 25,4 (26 orang) dan rata-rata tingkat pelayanan per jam (?) 30 orang, dengan ketentuan standar waktu 2 menit setiap nasbah yang dilayani selama satu jam. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan TPT KPP Pratama Jakarta Cilandak tetap menggunakan model antrian sesuai dengan teori yang ada.
Kata kunci: Antrian, Pelayanan
Ketersediaan
1114210119/FEB | 624/FEB | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
624/FEB
|
Penerbit | Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP): ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
1114210119/FEB
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain