Image of Penilaian Aset Warisan Budaya Menggunakan Market Appeal-Ribusticity Matrix

Karya Ilmiah Dosen

Penilaian Aset Warisan Budaya Menggunakan Market Appeal-Ribusticity Matrix



Market Appeal Robusticity Matrix merupakan penilaian aset warisan budaya yang efektif untuk mengevaluasi potensi daya tarik pasar dan pengelolaan wisata warisan budaya. Hal ini penting untuk menentukan kebijakan dan kerangka kerja yang sesuai untuk keputusan perencanaan yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelestarian warisan budaya di Museum Wayang dan menganalisis penilaian aset warisan budaya di Museum Wayang Kotatua Jakarta menggunakan Market Appeal-Robusticity Matrix. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisa Market Appeal-Robusticity Matrix. Hasil dari penelitian ini telah mendeskripsikan pelestarian warisan budaya di Museum, perlindungan dilakukan melalui perawatan dan pemugaran, pengembangan dilakukan dengan menambah nilai pada bangunan cagar budaya dengan menjadikannya sebagai Museum Wayang dan pemanfaatan bangunan cagar budaya dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan bagi agama, sosial, budaya dan masyarakat. Pelestarian sudah dijalankan dengan baik dan disesuaikan dengan peraturan Undang-undang nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Sedangkan penilaian aset warisan budaya menghasilkan nilai daya tarik pasar Museum Wayang tinggi dengan skor 51 dan nilai ketahanan bangunan Museum Wayang sedang dengan skor 40. Dalam penilaian ini Museum Wayang berada di kategori “A1” yang artinya daya tarik pasar tinggi dan ketahanan sedang.


Ketersediaan

EKIDUPT200077EKIDUPT200077Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
Journal of Tourism Destination and Attraction
No. Panggil
Mandiri-EKIDUPT200077
Penerbit Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
10 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
The Preferences of Indonesian Outbound Tourists Toward Travel Types and Tourism Attributesen
Strategi Pengembangan Sport Tourism Nglanggeran Mountain Bike Berdasarkan Partisipasi Masyarakat di Desa Wisata Nglanggeranid


Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this