Image of Analisis Pengaruh Kampanye Public Relations #SaveGBK dan Identitas Sosial pada Sikap Jakmania Depok

Karya Ilmiah Dosen

Analisis Pengaruh Kampanye Public Relations #SaveGBK dan Identitas Sosial pada Sikap Jakmania Depok



Persija Jakarta berulangkali mendapat sanksi dari PSSI berupa larangan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) karena ulah suporternya, The Jakmania. The Jakmania melancarkan kampanye public relations #SaveGBK untuk menertibkan anggota dan memperbaiki citra. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kampanye #SaveGBK dan identitas sosial pada sikap anggota Jakmania. Teori yang digunakan adalah Image Restoration Theory. Penelitian ini menggunakan metode campuran paralel konvergen, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada anggota Jakmania dan melakukan wawancara dengan pimpinan suporter yang terlibat dalam kampanye. Populasi survei adalah anggota The Jakmania Depok, yang walaupun tidak tinggal di Jakarta, mendukung Persija sebagai klub sepak bola Jakarta dan berpartisipasi dalam kampanye. Penelitian ini menyimpulkan adanya keterkaitan kampanyepublic relations#Save GBK dengan sikap The Jakmania. Hal tersebut membuktikan bahwa program perbaikan dari dalam organisasi dan kepemimpinan yang mampu mengelola jaringan komunikasi dapat menertibkan para anggotanya. Meski mayoritas responden memiliki orang tua berasal dari suku Betawi, identitas sosial kesukuan tidak berpengaruh terhadap sikap responden. Substansi penelitian ini berupa usulan kebijakan pada The Jakmania agar membangun strategi pendekatan dengan media melalui tim khusus media relations guna memperbaiki citra dan promosi organisasi.


Ketersediaan

EKIDUPT200231EKIDUPT200231Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
Jurnal Ilmu Komunikasi
No. Panggil
EKIDUPT200231
Penerbit Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional: Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
2407-8220
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol 18, No 2 (2020)
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Bahasa Sarkasme dalam Berita Olahraga - Studi Kasus Bolatory.comVol.2, No.1id
The Implementation of Convergence and Promotion Strategies by "Bola" as the Oldest Sport Newspaper in IndonesiaVolume 1 (No 2)en
Merumuskan Elemen "Tawuran Virtual" Antar Fans Sepakbola di IndonesiaVol 17, No 1 (2018)id
Analisis Model Pengelolaan Platform New Media oleh Klub Sepakbola di IndonesiaVol 10 No 1 (2019)id
The Action of Football Supporters in Sustaining Sports Stadium (Case Study the #jagaGBK Campaign by Jakmania of Persija Jakarta)en


Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this