Image of Bahasa Sarkasme dalam Berita Olahraga - Studi Kasus Bolatory.com

Karya Ilmiah Dosen

Bahasa Sarkasme dalam Berita Olahraga - Studi Kasus Bolatory.com



Perlombaan media online berkonten berita sepakbola di Indonesia, memunculkan peta persaingan yang menarik. Kompetitor yang beragam, memaksa pemilik media harus cakap dalam mengatur strategi bisinis media yang digunakan untuk meraih pembaca. Berita olahraga yang selama ini terkesan kaku coba diubah oleh Bolatory.com menjadi lebih lentur melalui penggunaan gaya bahasa berbeda. Berangkat dari pemaknaan bahwa berita olahraga merupakan toy journalism, membuat Bolatory.com yang mengedepankan gaya bahasa sarkasme menjadi objek yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi bisnis media yang diterapkan hingga dampak yang diterima oleh Bolatory.com dalam upaya menempatkan diri di peta kompetisi. Penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi yang dapat digunakan content creator media untuk mencoba tampil berbeda dengan gaya bahasa lain. Data primer didapatkan peneliti melalui wawancara mendalam dengan redaksi dan creator Bolatory.com, serta dokumen terkait menjadi data sekunder. Adapun hasil penelitian yang didapat dari penggunaan gaya bahasa sarkasme, memunculkan dampak tersendiri. Keuntungan yang didapatkan adalah kemudahan dalam memasuki selera pasar, pembaca yang tidak cepat bosan karena jokes yang update, serta mendapatkan pangsa iklan dengan kriteria khusus. Namun, kerugian yang muncul cukup mengkhawatirkan, terkait materi yang dapat memicu pelanggraan UU ITE, serta proses regenerasi terhambat karena jokes yang menjadi landasan masih bersumber pada satu pihak


Ketersediaan

EKIDUPT200236EKIDUPT200236Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi
No. Panggil
EKIDUPT200236
Penerbit Ikatan sarjana komunikasi indonesia: Bandung.,
Deskripsi Fisik
13 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
2113-9790
Klasifikasi
None
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol.2, No.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
The Implementation of Convergence and Promotion Strategies by "Bola" as the Oldest Sport Newspaper in IndonesiaVolume 1 (No 2)en
Analisis Pengaruh Kampanye Public Relations #SaveGBK dan Identitas Sosial pada Sikap Jakmania DepokVol 18, No 2 (2020)id
Merumuskan Elemen "Tawuran Virtual" Antar Fans Sepakbola di IndonesiaVol 17, No 1 (2018)id
Analisis Model Pengelolaan Platform New Media oleh Klub Sepakbola di IndonesiaVol 10 No 1 (2019)id
The Action of Football Supporters in Sustaining Sports Stadium (Case Study the #jagaGBK Campaign by Jakmania of Persija Jakarta)en


Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this