Image of Pengembangan Komposit Hibrid Partikel Keramik dengan Matriks Aluminium untuk Meningkatkan Sifat Tribologi pada Komponen Otomotif

Karya Ilmiah Dosen

Pengembangan Komposit Hibrid Partikel Keramik dengan Matriks Aluminium untuk Meningkatkan Sifat Tribologi pada Komponen Otomotif



Pengembangan komposit matriks aluminium berpenguat partikel banyak dilakukan untuk aplikasi komponen otomotif karena mempunyai berat jenis yang lebih ringan dibanding logam ferrous juga memiliki performa yang baik seperti kekuatan dan kekerasan yang tinggi, sifat tahan aus dan tribologi yang baik serta koefisien ekspansi panas rendah. Karakteristik yang unggul dari komposit ini dapat diperoleh melalui penambahan penguat, seperti partikel keramik. Untuk meningkatkan sifat tribologi komposit dapat dibuat dengan sistem hibrid, yaitu dengan penggabungan penguat dua atau lebih jenis partikel keramik. Riset ini bertujuan untuk mengembangkan komposit hibrid partikel keramik dengan matriks aluminium dari paduan AlMgSi untuk aplikasi komponen otomotif khususnya disc brake (cakram). Pengembangan ini dilakukan dengan mengacu kepada Rencana Induk Penelitian Universitas Pancasila dalam bidang unggulan Pengembangan Teknologi Transportasi, yang difokuskan pada topik riset Perancangan dan Manufaktur Kendaraan. Komposit Hibrid dikembangkan dengan menggunakan dua jenis partikel penguat yaitu SiC dan Grafit dalam matriks paduan AlMgSi. Komposit ini dimanufaktur dengan teknologi squeeze casting, yang merupakan gabungan dari proses pengecoran dan pembentukan dimana material diberikan tekanan pada saat mencapai temperatur semi solid dalam cetakan logam yang telah dipanaskan. Tahapan riset yang akan dikembangkan dalam Hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi ini adalah meliputi optimasi komposisi matriks paduan aluminium AlMgSi dengan variasi 4-6 wt.% Mg dan 3-7 wt.% Si, komposisi penguat dengan fraksi volume 10-25%, serta pengoptimalan parameter proses squeeze casting dengan desain disc brake yang telah dikembangkan untuk menghasilkan cacat rongga minimal dan sifat mekanis yang baik. Kajian performa tribologi dilakukan dengan variasi kecepatan dan beban aus dalam kondisi lingkungan sesuai aplikasi komponen disk brake. Selanjutnya komposit hibrid dikarakterisasi dengan pengujian sifat mekanis dan ketahanan aus, pengamatan struktur makro dan mikro menggunakan mikroskop optik dan elektron (SEM/EDS) serta pengujian XRD. Hasil tahun pertama telah diperoleh optimasi komposisi matriks aluminium Al6Mg7Si-Cu-Zn dengan komposisi partikel keramik 5 % Al2O3 dan 5 % Grafit mempunyai nilai kekerasan tertinggi sebesar 64.5 HRA. Dari riset tahun pertama juga diperoleh pula parameter proses squeeze casting sehingga memperoleh sifat mekanis komposit hibrid yang unggul. Selanjutnya, pada tahun kedua riset telah menghasilkan prototype komponen otomotif dari komposit hibrid dengan performa tribologi yang unggul dibanding logam lain yang umum digunakan.


Ketersediaan

EKIDUPT200240EKIDUPT200240Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Kementerian-EKIDUPT200240
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
46 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Optimasi Performa Tribologi dan Termomekanis pada Komposit Alumunium Hibrid Berpenguat Partikel Keramik untuk Aplikasi Komponen Otomotifid
Pengembangan Proses Manufaktur Komposit Matriks Alumunium Berpenguat Partikulat Menggunakan Teknologi Squeeze Casting untuk Aplikasi Komponen Otomotifid
Pengembangan Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Nabati dengan Memanfaatkan Sampah Menggunakan Teknologi Kombinasi Pirolisis dan Biodigester (Studi Kasus di Kabupaten Tegal)id
Peningkatan Efisiensi dan Optimasi Turbin Mikrohidro Jenis Pump as Turbin (PAT) Melalui Modifikasi Desain dan Manufaktur dari Impellerid
Pengembangan Anti-static Wheel Menggunakan Komposit Matriks Polimer untuk Aplikasi Alat Kesehatan Hospital Bedid
Model Concentrated Solar Power Melalui Teknologi T-Bat Berbasis Thermochemical sebagai Penyimpan Energi Termalid
Pilot Plant PLTSa Kapasitas 30 kW dengan Sumber Energi Sampah Perkotaan Menggunakan Teknologi Kombinasi Biodigester dan Pirolisisid
Model Operasional Pelaksanaan Pembayaran Anggaran Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran Subkeluaran Penelitianid


Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this