Image of Optimasi Performa Tribologi dan Termomekanis pada Komposit Alumunium Hibrid Berpenguat Partikel Keramik untuk Aplikasi Komponen Otomotif

Karya Ilmiah Dosen

Optimasi Performa Tribologi dan Termomekanis pada Komposit Alumunium Hibrid Berpenguat Partikel Keramik untuk Aplikasi Komponen Otomotif



Perkembangan teknologi transportasi, khususnya komponen otomotif saat ini mengarah kepada pemenuhan kebutuhan penggunaan material yang lebih ringan dan efisien. Komposit matriks aluminium berpenguat partikel keramik telah dikembangkan untuk berbagai aplikasi komponen otomotif, khususnya disc brake, karena mempunyai berat jenis yang lebih ringan dan mampu mengurangi berat komponen 50-60% dibanding logam ferrous serta memiliki performa mekanis yang baik [1-4]. Untuk meningkatkan performa sesuai pada aplikasi disc brake, komposit dapat dibuat dengan sistem hibrid yang merupakan penggabungan dua atau lebih jenis penguat partikel keramik [5-9]. Riset ini bertujuan untuk memperoleh prototipe disc brake (cakram) dari material komposit aluminium hibrid berpenguat partikel keramik yang memiliki performa tribologi dan termomekanis yang optimal. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu kepada Rencana Induk Penelitian Universitas Pancasila dalam bidang unggulan Pengembangan Teknologi Transportasi, yang difokuskan pada topik riset Perancangan dan Manufaktur Kendaraan. Pada tahapan penelitian sebelumnya, telah diperoleh prototipe disc brake skala laboratorium dengan sifat mekanis yang unggul dan sesuai dengan


Ketersediaan

EKIDUPT200241EKIDUPT200241Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
Laporan Tahun Pertama Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi
No. Panggil
Kementerian-EKIDUPT200241
Penerbit Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
33 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Pengembangan Proses Manufaktur Komposit Matriks Alumunium Berpenguat Partikulat Menggunakan Teknologi Squeeze Casting untuk Aplikasi Komponen Otomotifid
Pengembangan Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Nabati dengan Memanfaatkan Sampah Menggunakan Teknologi Kombinasi Pirolisis dan Biodigester (Studi Kasus di Kabupaten Tegal)id
Peningkatan Efisiensi dan Optimasi Turbin Mikrohidro Jenis Pump as Turbin (PAT) Melalui Modifikasi Desain dan Manufaktur dari Impellerid
Pengembangan Komposit Hibrid Partikel Keramik dengan Matriks Aluminium untuk Meningkatkan Sifat Tribologi pada Komponen Otomotifid
Pengembangan Anti-static Wheel Menggunakan Komposit Matriks Polimer untuk Aplikasi Alat Kesehatan Hospital Bedid
Model Concentrated Solar Power Melalui Teknologi T-Bat Berbasis Thermochemical sebagai Penyimpan Energi Termalid
Pilot Plant PLTSa Kapasitas 30 kW dengan Sumber Energi Sampah Perkotaan Menggunakan Teknologi Kombinasi Biodigester dan Pirolisisid
Model Operasional Pelaksanaan Pembayaran Anggaran Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran Subkeluaran Penelitianid


Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this