Image of OPTIMALISASI PELAYANAN NASABAH DENGAN PENERAPAN SISTEM ANTRIAN  PADA BANK CENTRAL ASIA KANTOR KAS SAWANGAN, CITAYAM DAN KELAPA DUA

Karya Ilmiah Mahasiswa

OPTIMALISASI PELAYANAN NASABAH DENGAN PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA BANK CENTRAL ASIA KANTOR KAS SAWANGAN, CITAYAM DAN KELAPA DUA



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis suatu kinerja system antrian yang saat ini digunakan pada proses transaksi di Bank Central Asia dan untuk menganalisis cara pengoptimalan pelayanan nasabah dengan menggunakan teori antrian di Bank Central Asia.Obyek yang akan dilakukan penelitian adalah Bank Central Asia (BCA) Kantor Kas Sawangan, BCA Kantor Kas Citayam, dan BCA Kantor Kas Kelapa Dua. Untuk memahami dan membantu penulis dalam mengelola data yang diperoleh untuk dapat menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini, maka digunakan metode multiple channel queuing system (antrian jalur berganda).Dari hasil penelitian diketahui bahwa system antrian yang digunakan pada counter teller PT. Bank Central Asia Kantor Kas Sawangan, Depok maupun Kelapa Dua adalah model system antrian Multiple Channel Query System (M/M/S) merupakan model antrian dimana terdapat lebih dari satu pusatp elayanan yang tersedia untuk melayani pelanggan dengan membuka 2 teller pada hari Senin sampai dengan Jumat. Disiplin antrian yang diterapkan adalah First Come First Served (FCFS), dimana orang yang pertama berada dalam garis antrian tersebut akan dilayani terlebih dahulu. Disiplin antrian tersebut merupakan disiplin yang umum diterapkan dibanyak system antrian khususnya pelayanan perbankan. Setelah dilakukan pengolahan data dengan software QM for Windows versi 4.0 diperoleh hasil bahw apada BCA Kantor Kas Sawangan jumlah terbanyak nasabah yang menunggu dalam antrian (Lq) terjadi pada periode 11.00-12.00 dan14.00-15.00 masing-masing sebanyak 9 orang dan waktu rata-rata terlama yang dihabiskan oleh seorang nasabah dalam antrian (Wq) selama1menit. Sedangkan pada BCA Kantor Kas Citayam, jumlah terbanyak nasabah yang menunggu dalam antrian (Lq) terjadi pada periode 11.00-12.00 yaitu sebanyak 8 orang dan waktu rata-rata terlama yang dihabiskan oleh seorang nasabah dalam antrian( Wq) selama 1 menit. Adapun BCA Kantor Kas Kelapa Dua, jumlah terbanyak nasabah yang menunggu dalam antrian (Lq) terjadi pada periode 11.00-12.00 yaitu sebanyak 6 orang dan waktu rata-rata terlama yang dihabiskan oleh seorang nasabah dalam antrian (Wq) selama 1 menit.


Ketersediaan

1111210019/FEB645/FEBPerpustakaan Fakultas Ekonomi & BisnisB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
645/FEB
Penerbit FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PANCASILA: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
1111210019/FEB
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this