Image of Model Potensi Pengembangan Kawasan Transit pada Simpul Transportasi Berbasis Rel untuk Mereduksi Subsidi Pemerintah Pusat

Karya Ilmiah Dosen

Model Potensi Pengembangan Kawasan Transit pada Simpul Transportasi Berbasis Rel untuk Mereduksi Subsidi Pemerintah Pusat



Pembangunan infrastruktur kereta api tidak terlepas dari pengembangan wilayah, tata ruang kota dan keterhubungan antarmoda transportasi. Stasiun kereta api sebagai pusat pergerakan khususnya di daerah perkotaan dapat dikembangkan menjadi pusat kegiatan perkotaan dengan memaksimalkan pemanfaatan ruang di stasiun dan pemanfaatan ruang di sekitarnya yang terintegrasi. Namun demikian, stasiun kereta api di Indonesia mayoritas hanya berfungsi sebagai naik turun penumpang tanpa adanya fungsi tambahan. Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha untuk memaksimalkan potensi stasiun melalui pendekatan Transit Oriented Development (TOD). TOD mengintegrasikan akses transportasi dengan pengguna berbasis non-motorized sehingga dapat meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi serta disisi lain dapat meningkatkan pendapatan hingga ridership. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan konseptual desain TOD yang berbasis kereta api di Indonesia. Penelitian akan menggunakan kombinasi pendekatan partisipatif dan teknis dengan berbasis metode kuantitatif dan kualitatif melalui survey, kuesioner dan Focus Group Discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kriteria yang digunakan dalam menentukan pengembangan Kawasan TOD untuk simpul transit berbasis rel meliputi 3 kriteria utama, yaitu 1) Transportasi dan Kewilayahan, 2) Kepadatan, dan 3) Sosial & Ekonomi. Adapun pengembangan Tipologi TOD berbasis Stasiun Kereta Api dapat dilakukan sebagai berikut: 1) Tipologi TOD dengan fungsi pelayanan residensial, 2) Tipologi TOD dengan fungsi pelayanan komersial, dan 3) Tipologi TOD dengan fungsi pelayanan pariwisata. Pengembangan Tipologi ini memperkaya Tipologi TOD yang ada di Permen ATR No. 16 Tahun 2017. Adapun model kerjasama investasi TOD dapat dilakukan dengan 3 buah pilihan skema yaitu, 1) Model Kerjasama BMN, 2) Model Kerjasama BLU, dan 3) Model Kerjasama KPBU.


Ketersediaan

EKIDUPT210173EKIDUPT210173Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
EKIDUPT210173
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
166 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
624
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this