Detail Cantuman
Karya Ilmiah Dosen
Penerapan Model Project Based Learning pada Sistem Pembelajaran Daring di Universitas Pancasila
Penelitian ini dilakukan sebagai studi awal untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran project based learning pada mahasiswa Psikologi. Subjek penelitian melibatkan tiga kelas yang diampu oleh peneliti sebanyak 122 subyek. Penelitian bersifat kualitatif, dimana peneliti melakukan survei kepada para mahasiswa untuk melihat jenis kesulitan, cara penyelesaian masalah, manfaat dari project based learning, dan harapan mahasiswa terhadap model pembelajaran ini. Hasilnya menunjukkan bahwa kesulitan mahasiswa dapat dikategorikan dalam kesulitan eksternal dan internal, dengan tiga kesulitan yang paling tinggi adalah pada teknis pelaksanaan (28%), pemahaman terhadap materi (26%) dan kesulitan pada anggota kelompok sebesar (19%). Tiga cara penyelesaian masalah yang paling sering dilakukan berdiskusi (40%), membagi tugas (24%) dan trial and error (16%). Manfaat yang paling dirasakan adalah melatih kemampuan berkomunikasi (16%) dan berusaha mencapai tujuan bersama (16%). Sebanyak 18 kelompok (64%) masih memilih untuk mengerjakan project-based learning dengan beberapa masukan untuk dosen adalah meningkatkan kejelasan instruksi (23%), dan pemberian evaluasi/feedback (13%).
Ketersediaan
EKIDUPT210179 | EKIDUPT210179 | Perpustakaan Pusat | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
EKIDUPT210179
|
Penerbit | : ., |
Deskripsi Fisik |
10 p.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain