Image of Penerapan Model Project Based Learning pada Sistem Pembelajaran Daring di Universitas Pancasila

Karya Ilmiah Dosen

Penerapan Model Project Based Learning pada Sistem Pembelajaran Daring di Universitas Pancasila



Penelitian ini dilakukan sebagai studi awal untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran project based learning pada mahasiswa Psikologi. Subjek penelitian melibatkan tiga kelas yang diampu oleh peneliti sebanyak 122 subyek. Penelitian bersifat kualitatif, dimana peneliti melakukan survei kepada para mahasiswa untuk melihat jenis kesulitan, cara penyelesaian masalah, manfaat dari project based learning, dan harapan mahasiswa terhadap model pembelajaran ini. Hasilnya menunjukkan bahwa kesulitan mahasiswa dapat dikategorikan dalam kesulitan eksternal dan internal, dengan tiga kesulitan yang paling tinggi adalah pada teknis pelaksanaan (28%), pemahaman terhadap materi (26%) dan kesulitan pada anggota kelompok sebesar (19%). Tiga cara penyelesaian masalah yang paling sering dilakukan berdiskusi (40%), membagi tugas (24%) dan trial and error (16%). Manfaat yang paling dirasakan adalah melatih kemampuan berkomunikasi (16%) dan berusaha mencapai tujuan bersama (16%). Sebanyak 18 kelompok (64%) masih memilih untuk mengerjakan project-based learning dengan beberapa masukan untuk dosen adalah meningkatkan kejelasan instruksi (23%), dan pemberian evaluasi/feedback (13%).


Ketersediaan

EKIDUPT210179EKIDUPT210179Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
EKIDUPT210179
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
10 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this