Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
Tesis Akuntansi: PENGARUH KOMPETENSI, ETIKA PROFESIONAL DAN PROSES PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA DAN FRAUD AKADEMIK AKUNTAN PENDIDIK (SURVEI PADA AKUNTAN PENDIDIK DI PERGURUAN TINGGI SWASTA WILAYAH DKI JAKARTA)
Suratno - Pembimbing Materi
Widarto Rachbini - Pembimbing Metodologi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) pengaruh kompetensi, etika profesional dan proses pengendalian manajemen terhadap akuntabilitas kinerja baik secara simultan maupun parsial; 2) pengaruh kompetensi, etika profesional, proses pengendalian manajemen, akuntabilitas kinerja dan fraud akademik akuntan pendidik baik secara simultan maupun parsial di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Jumlah responden adalah 170 akuntan pendidik pada 85 Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah DKI Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Keabsahan dan keandalan hasil kuesioner diuji terlebih dahulu sebelum uji hipotesis dilakukan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan alat analisis menggunakan Regresi Berganda dengan Program Software SPSS 21. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: 1) kompetensi, etika profesional dan proses pengendalian manajemen berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas kinerja secara simultan pada Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah DKI Jakarta; 2) kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja secara parsial; 3) etika profesional dan proses pengendalian manajemen berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas kinerja secara parsial; 4) kompetensi, etika profesional, proses pengendalian manajemen dan akuntabilitas kinerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap fraud akademik akuntan pendidik secara simultan pada Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah DKI Jakarta; 5) kompetensi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap fraud akademik akuntan pendidik secara parsial; 6) etika profesional dan proses pengendalian manajemen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap fraud akademik akuntan pendidik secara parsial; dan 7) akuntabilitas kinerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap fraud akademik akuntan pendidik secara parsial.
Kata Kunci: Kompetensi, Etika Profesional, Akuntabilitas Kinerja, Fraud Akademik Akuntan Pendidik.
Ketersediaan
SPSTMAKSI200431 | T431/MAKSI/PASCA | Perpustakaan Sekolah Pascasarjana | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
T431/MAKSI/PASCA
|
Penerbit | Magister Akuntansi - Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila: ., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
5514220028
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Auditing dan Pelaporan Keuangan
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain