Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHAN KAN TINGKAT PENJUALAN BISNIS ONLINE SHOP PASHION DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA EVA ONLINE BERAU
Ati Hermawati - Pembimbing Materi
Bayu Retno Widyastuti - Pembimbing Metodologi
Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan
usaha, dan merealisasikan rencana usaha yang akan dilaksanakan. Dengan
menerapkan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatkan peluang yang
ada maka penjualan dapat ditingkatkan. Adanya pandemi covid-19 berdampak
pada berbagai sektor ekonomi, termasuk didalamnya bisnis online shop fashion
yang banyak mengalami penurunan omset penjualan. Demikian halnya dengan
Eva online shop Berau yang mengalami penurunan drastis omset penjualan
produk fashionnya di masa pandemi covid-19 ini. Menghadapi keadaan tersebut
Eva online shop Berau harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar dapat
mempertahankan bisnis online shop-nya. Salah satu alat yang umum dipakai
untuk merumuskan strategi pemasaran adalah analisis SWOT (Strengths,
Weakness, Opportunities dan Threats). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi pemasaran yang tepat diterapkan oleh Eva online shop Berau
dalam mempertahankan tingkat penjualannya. Pengumpulan data primer
menggunakan kuesioner yang dibagikan pada 32 orang responden. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, yang meliputi:
Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor
Evaluation), Matriks IE (Internal External). Hasil analisis data yang digambarkan
pada Matriks Internal Eksternal dapat disimpulkan bahwa Eva Online Shop Berau
telah berada pada jalur yang tepat yaitu di kuadran 1 (growth / pertumbuhan yang
agresif), yang menunjukkan bahwa Eva Online Shop Berau masih tergolong
perusahaan yang berkembang. Eva Online Shop Berau memang masih tergolong
perusahaan berkembang dikarenakan baru berdiri kurang lebih 6 tahun, jika
dibandingkan dengan perusahaan lain dibidang usaha sejenis. Eva Online Shop
Berau harus memperhatikan peluang dan ancaman, baik dari internal maupun
eksternal. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang sudah dirumuskan tentu
akan dapat meningkatkan pertumbuhan pemasaran perusahaan.
Kata kunci: Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE.
Ketersediaan
1116210079/FEB | 2107/FEB | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis (Referensi) | B A C A D I T E M P A T |
ESFEB1116210079 | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis | T E R S E D I A |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2107/FEB
|
Penerbit | Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP): Jakarta., 2021 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
1116210079/FEB
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
EVA YULIANA SARI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain