Image of Pengembangan Desain Bangunan Sekolah Berdasarkan Pemeliharaan Bangunan Sekolah di Indonesia

Karya Ilmiah Dosen

Pengembangan Desain Bangunan Sekolah Berdasarkan Pemeliharaan Bangunan Sekolah di Indonesia



Kelayakan fasilitas pendidikan mempengaruhi proses belajar mengajar. Pada bangunan pendidikan milik pemerintah dan non pemerintah sering terlihat bagian bangunan yang tidak terpelihara sehingga mengganggu proses belajar dan mengajar. Kegiatan pemeliharaan yang terabaikan dapat menyebabkan kerusakan bangunan. Salah satu faktor penyebab kerusakan adalah kesalahan dalam perancangan, sehingga pada saat operasional ada kendala dalam kegiatan pemeliharaan bangunan sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegiatan pemeliharaan pada bangunan pendidikan yang ada di Indonesia agar dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam merancang bangunan pendidikan. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah kegiatan pemeliharaan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring dalam bentuk pertanyaan terbuka dan tertutup. Kuesioner diperuntukkan bagi tenaga kerja edukatif dan tenaga kerja non edukatif yang bekerja pada bangunan pendidikan. Dari kuesioner yang diedarkan didapat 122 responden yang terdiri 103 tenaga kerja edukatif dan 19 orang tenaga kerja non eduktaif. Analisis data dalam penelitian dilakukan secara bertahap, dimulai dari analisis isi dan dilanjutkan dengan analisis distribusi. Analisis isi dilakukan melalui tiga tahapan coding analisis isi, meliputi open coding, axial coding dan selective coding. Kemudian dilakukan analisis distribusi untuk mengetahui frekuensi kategori dari setiap pertanyaan yang diajukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada area-area di bangunan pendidikan yang sulit dijangkau atau terletak terlalu jauh karena terkendala dengan rancangan bangunannya, sehingga petugas kesulitan dalam membersihkan. Kegiatan pemeliharaan bangunan dilaksanakan setelah tahap konstruksi selesai dan bangunan digunakan. Pada saat bangunan digunakan, umumnya baru ditemukan permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pemeliharaan bangunan. Perancangan bangunan pendidikan yang mempertimbangkan pemeliharaan dalam rancangannya akan mempermudah kegiatan pemeliharaan pada saat bangunan pendidikan digunakan.


Ketersediaan

EKIDUPT220104720/EKIDUPT220104Perpustakaan PusatT E R S E D I A

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
720/EKIDUPT220104
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
12 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
720
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this