Image of Tingkat Penggunaan Dan Pengelolaan Limbah Kertas Di Prodi Arsitektur Universitas Pancasila

Karya Ilmiah Dosen

Tingkat Penggunaan Dan Pengelolaan Limbah Kertas Di Prodi Arsitektur Universitas Pancasila



Kertas telah menjadi salah satu kebutuhan pokok berbagai bidang, terutama bidang pendidikan arsitektur. Mahasiswa arsitektur Universitas Pancasila mengonsumsi kertas sebanyak 506 lembar yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar selama satu semester. Namun, konsumsi kertas yang tinggi ini didukung dengan usaha untuk mendaur ulang limbah kertas. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa UP sebenarnya telah sadar dan berusaha untuk mendaur ulang limbah kertas dengan menjual limbah kertas kepada pihak lain karena tugas kuliah menyebabkan mahasiswa fokus mengerjakan dan tidak memiliki waktu untuk melakukan daur ulang. Solusi yang ditemukan dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan metode kombinasi paper based learning dan paperless learning, dimana mahasiswa akan mengumpulkan tugas berupa data, analisis, sintesis, dan konsep dalam bentuk softcopy yang dikirimkan melalui situs tertentu kepada dosen. Sedangkan tugas yang bersifat gambar teknik tetap menggunakan sistem paper based learning untuk memudahkan proses asistensi mata kuliah studio. Faktor pendorong utama paperless learning adalah efektifitas dan kemudahan dalam menyimpan, menyunting, dan membawa data yang dapat diakses melalui perangkat elektronik masing-masing.


Ketersediaan

EKIDUPT230015620/EKIDUPT230015Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Mandiri-EKIDUPT230015
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
10 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this