Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE
Iha Haryani Hatta - Pembimbing Materi
Nurul Hilmiyah - Pembimbing Metodologi
Penerapan kebijakan pemerintah yang menerapkan social distancing dan physical
distancing membuat terbatasnya pergerakan manusia untuk beraktivitas seharihari
untuk mencegah penularan virus covid-19. Demi memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari, orang-orang berbelanja secara online. Dengan demikian menimbulkan
munculnya pesaing baru sehingga Shopee mengalami penurunan pengunjung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga
terhadap keputusan pembelian dampaknya terhadap loyalitas pelanggan Shopee.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden mahasiswa
aktif Reguler Khusus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila dengan
metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan
harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Harga dan keputusan pembelian
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Keputusan pembelian
sebagai variabel intervening tidak berperan dalam memediasi hubungan antara
variabel promosi terhadap variabel loyalitas pelanggan. Keputusan pembelian
sebagai variabel intervening berperan dalam memediasi hubungan antara variabel
harga terhadap variabel loyalitas pelanggan. Hal ini mempunyai implikasi bahwa
semakin baik promosi dilakukan dan harga yang diberikan oleh Shopee, maka
semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen. Semakin baik harga yang
diberikan oleh Shopee dan tingkat keputusan pembelian yang tinggi, maka akan
meningkatkan loyalitas pelanggan. Semakin baik harga yang diberikan oleh
Shopee, akan meningkatkan keputusan pembelian yang berdampak pada
meningkatnya loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan.
Ketersediaan
1118215024/FEB | 2201/FEB | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis (PEMASARAN) | B A C A D I T E M P A T |
ESFEB1118215024 | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis | T E R S E D I A |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2201/FEB
|
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila: Jakarta., 2022 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
1118215024
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain