Image of Skripsi: Pengembangan Game Untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android

Karya Ilmiah Mahasiswa

Skripsi: Pengembangan Game Untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android



Matematika merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh siswa semenjak
jenjang Sekolah Dasar, namun banyaknya anggapan bahwa matematika itu sulit dan
membosankan yang menyebabkan siswa enggan mempelajarinya. Oleh karena itu,
dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengedukasi siswa
terutama siswa Sekolah Dasar kelas 6 yang merupakan tahap akhir dari pendidikan di
Sekolah Dasar. Salah satu media yang menyenangkan dan dapat memberikan edukasi
kepada siswa adalah game.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun game yang berisikan materi matematika bagi
Sekolah Dasar kelas 6 berbasis Android dan diharapkan dapat memudahkan siswa dalam
mempelajari matematika. Data yang dibutuhkan dalam pengembangan dikumpulkan dengan
metode studi pustaka, dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall
yang dimana tahapannya adalah analisis permasalahan, analisis kebutuhan, penulisan kode,
pengujian, implementasi dan pemeliharaan.
Hasil penelitian didapatkan dengan menganalisa jawaban kuesioner yang diberikan
kepada pengguna game. Berdasarkan hasil analisa jawaban, didapatkan hasil bahwa
pengguna puas dengan game yang dibuat dan membantu pengguna dalam memahami materi
matematika Sekolah Dasar kelas 6.


Matematika merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh siswa semenjak
jenjang Sekolah Dasar, namun banyaknya anggapan bahwa matematika itu sulit dan
membosankan yang menyebabkan siswa enggan mempelajarinya. Oleh karena itu,
dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengedukasi siswa
terutama siswa Sekolah Dasar kelas 6 yang merupakan tahap akhir dari pendidikan di
Sekolah Dasar. Salah satu media yang menyenangkan dan dapat memberikan edukasi
kepada siswa adalah game.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun game yang berisikan materi matematika bagi
Sekolah Dasar kelas 6 berbasis Android dan diharapkan dapat memudahkan siswa dalam
mempelajari matematika. Data yang dibutuhkan dalam pengembangan dikumpulkan dengan
metode studi pustaka, dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall
yang dimana tahapannya adalah analisis permasalahan, analisis kebutuhan, penulisan kode,
pengujian, implementasi dan pemeliharaan.
Hasil penelitian didapatkan dengan menganalisa jawaban kuesioner yang diberikan
kepada pengguna game. Berdasarkan hasil analisa jawaban, didapatkan hasil bahwa
pengguna puas dengan game yang dibuat dan membantu pengguna dalam memahami materi
matematika Sekolah Dasar kelas 6.


Ketersediaan

TAFT2300324IF S1 TA 0286 DAN pPerpustakaan Fakultas Teknik (SKRIPSI INFORMATIKA)T E R S E D I A
TAFTE2300324IF S1 TA 0286 DAN pPerpustakaan Fakultas Teknik (SKRISPI INFORMATIKA)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
IF S1 TA 0286 DAN p
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 54 hal.: ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
4518210007
Klasifikasi
IF S1 TA 0286 DAN p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this