Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
Skripsi: Pengembangan Game Untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android
Matematika merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh siswa semenjak
jenjang Sekolah Dasar, namun banyaknya anggapan bahwa matematika itu sulit dan
membosankan yang menyebabkan siswa enggan mempelajarinya. Oleh karena itu,
dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengedukasi siswa
terutama siswa Sekolah Dasar kelas 6 yang merupakan tahap akhir dari pendidikan di
Sekolah Dasar. Salah satu media yang menyenangkan dan dapat memberikan edukasi
kepada siswa adalah game.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun game yang berisikan materi matematika bagi
Sekolah Dasar kelas 6 berbasis Android dan diharapkan dapat memudahkan siswa dalam
mempelajari matematika. Data yang dibutuhkan dalam pengembangan dikumpulkan dengan
metode studi pustaka, dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall
yang dimana tahapannya adalah analisis permasalahan, analisis kebutuhan, penulisan kode,
pengujian, implementasi dan pemeliharaan.
Hasil penelitian didapatkan dengan menganalisa jawaban kuesioner yang diberikan
kepada pengguna game. Berdasarkan hasil analisa jawaban, didapatkan hasil bahwa
pengguna puas dengan game yang dibuat dan membantu pengguna dalam memahami materi
matematika Sekolah Dasar kelas 6.
Matematika merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh siswa semenjak
jenjang Sekolah Dasar, namun banyaknya anggapan bahwa matematika itu sulit dan
membosankan yang menyebabkan siswa enggan mempelajarinya. Oleh karena itu,
dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengedukasi siswa
terutama siswa Sekolah Dasar kelas 6 yang merupakan tahap akhir dari pendidikan di
Sekolah Dasar. Salah satu media yang menyenangkan dan dapat memberikan edukasi
kepada siswa adalah game.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun game yang berisikan materi matematika bagi
Sekolah Dasar kelas 6 berbasis Android dan diharapkan dapat memudahkan siswa dalam
mempelajari matematika. Data yang dibutuhkan dalam pengembangan dikumpulkan dengan
metode studi pustaka, dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall
yang dimana tahapannya adalah analisis permasalahan, analisis kebutuhan, penulisan kode,
pengujian, implementasi dan pemeliharaan.
Hasil penelitian didapatkan dengan menganalisa jawaban kuesioner yang diberikan
kepada pengguna game. Berdasarkan hasil analisa jawaban, didapatkan hasil bahwa
pengguna puas dengan game yang dibuat dan membantu pengguna dalam memahami materi
matematika Sekolah Dasar kelas 6.
Ketersediaan
TAFT2300324 | IF S1 TA 0286 DAN p | Perpustakaan Fakultas Teknik (SKRIPSI INFORMATIKA) | T E R S E D I A |
TAFTE2300324 | IF S1 TA 0286 DAN p | Perpustakaan Fakultas Teknik (SKRISPI INFORMATIKA) | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
IF S1 TA 0286 DAN p
|
Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta., 2022 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 54 hal.: ilus.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
4518210007
|
Klasifikasi |
IF S1 TA 0286 DAN p
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain