No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

Hubungan Antara Mathematics Self-Efficacy Dan Kecemasan Matematika Pada Siswa Di Masa Post Pandemi Covid-19



Pentingnya memperoleh pembelajaran dalam matematika terkait erat terhadap peran berbagai aspek yang dimainkan matematika dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Pembelajaran matematika tidak disukai oleh semua siswa, maka timbulnya kecemasan matematika dapat berkaitan dengan keyakinan diri (self-efficacy). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan matematika dan mathematics self-efficacy pada siswa SMP. Responden pada penelitian ini berkisar antara 13-16 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling khususnya random sampling. Alat ukur yang digunakan untuk kecemasan matematika yaitu MSEAQ dan Mathematics self-efficacy yaitu Efikasi Matematika Indonesia (AUKEMI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dan mathematics self-effiicacy pada siswa SMP. Sehingga semakin tinggi siswa mengalami kecemasan matematika maka semakin rendah mathematics self-efficacy, hal tersebut berlaku sebaliknya jika semakin rendah kecemasan matematika maka semakin tinggi mathematics self-efficacy. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mencari sampel secara spesifik, dan memperluas variabel dengan faktor lain.

Kata Kunci : kecemasan matematika, mathematics self-efficacy, siswa


Ketersediaan

FPS230930S 0930 IND hPerpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 0930 IND h
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6019210061
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this