Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
Hubungan Antara Mathematics Self-Efficacy Dan Kecemasan Matematika Pada Siswa Di Masa Post Pandemi Covid-19
Ayully Grashinta, M. SI, Psikolog - Pembimbing Materi
Farida Aini, M.Psi., Psikolog - Pembimbing Metodologi
Pentingnya memperoleh pembelajaran dalam matematika terkait erat terhadap peran berbagai aspek yang dimainkan matematika dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Pembelajaran matematika tidak disukai oleh semua siswa, maka timbulnya kecemasan matematika dapat berkaitan dengan keyakinan diri (self-efficacy). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan matematika dan mathematics self-efficacy pada siswa SMP. Responden pada penelitian ini berkisar antara 13-16 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling khususnya random sampling. Alat ukur yang digunakan untuk kecemasan matematika yaitu MSEAQ dan Mathematics self-efficacy yaitu Efikasi Matematika Indonesia (AUKEMI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dan mathematics self-effiicacy pada siswa SMP. Sehingga semakin tinggi siswa mengalami kecemasan matematika maka semakin rendah mathematics self-efficacy, hal tersebut berlaku sebaliknya jika semakin rendah kecemasan matematika maka semakin tinggi mathematics self-efficacy. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mencari sampel secara spesifik, dan memperluas variabel dengan faktor lain.
Kata Kunci : kecemasan matematika, mathematics self-efficacy, siswa
Ketersediaan
FPS230930 | S 0930 IND h | Perpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi) | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
S 0930 IND h
|
Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
6019210061
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain