Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
Peran Self-Esteem Terhadap Perilaku Responsive Bystander Siswa Sma Dalam Situasi Cyberbullying Di Instagram
Lidia Yemima - Pengarang Utama
Vinaya, M.SI - Pembimbing Materi
Cyberbullying pada remaja SMA seringkali dilakukan di Instagram, baik sebagai
pelaku, korban, atau pengamat (bystander). Penelitian ini memiliki tujuan untuk
melihat peran self – esteem terhadap perilaku responsive bystander siswa SMA dalam
situasi cyberbullying di Instagram. Partisipan penelitian ini merupakan Siswa SMA
dan sederajat yang berusia 15-18 tahun dan aktif menggunakan Instagram dengan akun
pribadi (n = 252). Penelitian ini menggunakan instrumen screening untuk mengetahui
apakah partisipan benar-benar seorang bystander dengan adaptasi dari The Noticing
the Event Questionnaire (Ferreira dkk., 2019). Untuk menguji kedua variabel
penelitian, penelitian ini menggunakan adaptasi dari The Bystander Intervention
Questionnaire (Ferreira dkk., 2019) yang multidimensi untuk mengukur responsive
bystander dan Rosenberg Self Esteem Scale (Rosenberg, 1965) untuk mengukur selfesteem.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-esteem berperan secara signifikan
dalam memprediksi responsive bystander pada dimensi reporting behavior, sementara
self-esteem tidak berperan secara signifikan pada dimensi problem-solving behavior
dan aggressive behavior. Individu dengan self-esteem tinggi memberikan intervensi
secara tidak langsung yang juga dapat menghentikan cyberbullying, yaitu dengan
tindakan pelaporan dimana tindakan ini tidak disaksikan oleh semua pihak yang
terlibat dalam situasi cyberbullying.
Kata kunci: cyberbullying, bystander, siswa SMA, self-esteem, perilaku
responsive bystander
Ketersediaan
FPS230945 | S 0945 LID p | Perpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi) | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
S 0945 LID p
|
Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
6019210024
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain