No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

Peranan Emotional Intelligence Terhadap Celebrity Worship Pada Penggemar Nct Usia Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Twitter



K-Pop telah membuktikan kesuksesannya melalui grup-grup idola mereka yang tidak hanya menampilkan visual yang baik, namun juga dari segi musikalitas dan juga performa yang kompak mampu menarik perhatian banyak publik. NCT merupakan salah satu contohnya, boygroup yang berasal dari SM Entertainment ini sangat popular di Indonesia. Tidak hanya pada usia remaja saja yang masih aktif dalam pengidolaan tersebut (celebrity worship) namun, usia dewasa awal juga. Untuk selalu aktif mengikuti idol kesukaan mereka tersebut, para penggemar tidak segan membuat akun baru atau 2nd account di platform Twitter karena kerahasiaan data pribadi, kemudahan penggunaannya, cepatnya berita diterima, serta tidak ada batasan untuk update status. Namun, tidak semua penggemar menggunakan media tersebut dengan tepat, terkadang adapun mereka yang memanfaatkan momentum tersebut untuk dapat menyerang penggemar lainnya atau yang bias kita sebut fan war. Maka dari peran dari emotional intelligence diperlukan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik convenience sampling dimana kriteria pengambilan sampel berasal dari komunitas besar dan mudah ditemukan. Subjek berjumlah 243 responden penggemar NCT usia dewasa awal dan pengguna aktif Twitter dengan jam aktif lebih dari 2 jam dalam sehari. Hasil menunjukkan bahwa emotional intelligence tidak memiliki peran terhadap celebrity worship dimensi intense personal, yang artinya variabel celebrity worship dimensi intense personal dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata kunci: K-Pop, NCT, celebrity worship, emotional intelligence, Twitter


Ketersediaan

FPS230970S 0970 FLO pPerpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 0970 FLO p
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6017210037
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this