Image of Skripsi: Perancangan E-Sport Center Di DKI Jakarta

Karya Ilmiah Mahasiswa

Skripsi: Perancangan E-Sport Center Di DKI Jakarta



Seiring game yang kita mainkan menjadi lebih beragam. E-sports adalah aktivitas
gerakan non-fisik yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan perangkat
elektronik, yaitu video game. Bermain game di internet sekarang menjadi bentuk permainan
yang umum. Perkembangan dunia game online mendorong munculnya eSports. Potensi industri
game dan e-sports Indonesia terus berkembang secara signifikan, bahkan di tengah pandemi
COVID-19. Menurut Indonesian Esport Premier League (IESPL), jumlah orang yang aktif
bermain game di Indonesia mencapai 62,1 juta orang pada tahun 2019. Menurut Global
Market Games Report 2020, Indonesia bahkan menjadi negara dengan jumlah gamer
terbanyak di Asia Tenggara.
Perkembangan e-sports di Indonesia juga berdampak pada komunitas game Indonesia.
Komunitas e-sports Indonesia sendiri sudah sangat berkembang. Antusiasme masyarakat
juga cukup besar untuk mendukung e-sports. Salah satu asosiasi pemain e-sports terbesar di
Indonesia adalah IeSPA (Indonesian E-Sports Association). Kualitas e-sports Indonesia di
kancah internasional tidak hanya terletak pada kualitas pemainnya saja, tetapi juga pada
kualitas sarana dan prasarananya.
Merancang E-Sport Center di DKI Jakarta dirasa perlu untuk mengapresiasi para atlet
esport yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah esport internasional, selain itu
juga sebagai wadah atau fasilitas berbagai ajang turanamen e-sport juga sebagai
pengembangan minat dan bakat para gamers di bidang electronik sport. Merancang Fasilitas
Khusus Untuk Electronic Sport (e-sport) yang efisien serta efektif bagi penggunanya dengan
Tema Neo-Vernakular dapat menjadi strategi yang cukup signifikan dalam menciptakan
Perancangan E-Sport Center di DKI Jakarta sehingga dapat menarik pengunjung dari lokal
maupun non lokal.

Kata Kunci : e-sport, e-sport stadum, e-sport center , neo-vernakular.

xv

ABSTRAK

As the games we play become more diverse. E-sports is a non-physical movement activity
carried out by individuals or groups using electronic devices, namely video games. Playing
games on the internet is now a common form of play. The development of the world of online

games encouraged the emergence of eSports. The potential of Indonesia's gaming and e-
sports industry continues to grow significantly, even in the midst of the COVID-19 pandemic.

According to the Indonesian Esports Premier League (IESPL), the number of people actively
playing games in Indonesia reached 62.1 million people in 2019. According to the Global
Market Games Report 2020, Indonesia is even the country with the highest number of gamers
in Southeast Asia.
The development of e-sports in Indonesia also has an impact on the Indonesian gaming
community. The Indonesian e-sports community itself has been very developed. People's
enthusiasm is also large enough to support e-sports. One of the largest e-sports player
associations in Indonesia is IeSPA (Indonesian E-Sports Association). The quality of
Indonesian e-sports in the international arena lies not only in the quality of its players, but
also in the quality of its facilities and infrastructure.
Designing an E-Sport Center in DKI Jakarta is considered necessary to appreciate esports
athletes who have succeeded in making the nation proud in the international esports arena, in
addition to that it is also a forum or facility for various e-sport tourism events as well as
developing the interests and talents of gamers in the field of electronic sports. Designing Special

Facilities for Electronic Sport (e-sport) that is efficient and effective for its users with the Neo-
Vernacular Theme can be a significant strategy in creating an E-Sport Center Design in DKI

Jakarta so that it can attract visitors from local and non-local.


Ketersediaan

TAFT2300448A S1 TA 0238 ALV pPerpustakaan Fakultas Teknik (Skripsi Arsitektur)T E R S E D I A
TAFTE2300448A S1 TA 0238 ALV pPerpustakaan Fakultas Teknik (Skripsi Arsitektur)T E R S E D I A

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
A S1 TA 0238 ALV p
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
4119210037
Klasifikasi
A S1 TA 0238 ALV p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this