Image of Skripsi: Perhitungan Kemacetan Pada Simpang Menggunakan PTV Vissim (Studi Kasus: Simpang Jl. Jendral Sudirman - Jl. Teluk Betung)

Karya Ilmiah Mahasiswa

Skripsi: Perhitungan Kemacetan Pada Simpang Menggunakan PTV Vissim (Studi Kasus: Simpang Jl. Jendral Sudirman - Jl. Teluk Betung)



Lalu lintas kendaraan merupakan sarana untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain,
oleh karena itu kemacetan lalu lintas merupakan masalah penting yang harus segera diatasi. Jalan
Jendral Sudirman merupakan salah satu jalan yang sibuk dan selalu padat di hari kerja maupun dihari
libur dan ada jalan yang mengecil ke arah Grand Indonesia di namai Jl. Teluk Betung. Kemacetan pada
simpang diakibatkan dari beberapa faktor pemicu salah satunya seperti banyaknya pengguna jalan
adanya Pelican Crossing. Simpang Jl. Jendral Sudirman – Jl. Teluk betung selain merupakan pusat
bisnis di Ibu Kota, juga merupakan perbatasan antara daerah Kec. Tanah Abang, dengan daerah Kec.
Menteng, Kecamatan Tanah Abang terdapat Pasar Tanah Abang yang merupakan pusat perdagangan

pakaian dan tekstil terbesar di Asia Tenggara. Maksud dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-
faktor yang mempengaruhi kinerja simpang Jl. Jendral Sudirman – Jl. Teluk Betung Kota DKI Jakarta

dan mengetahui kinerja simpang tak bersinyal pada kondisi eksiting. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah menggunakan perhitungan manual MKJI 1997 dan menggunakan PTV Vissim
untuk merekayasa simulasi pada simpang tidak bersinyal di Jl. Jendrap Sudirman - Jl. Teluk Betung
Kota DKI Jakarta. Berdasarkan analisa yang dilakukan menggunakan metode MKJI 1997 kinerja
simpang tak bersinyal Simpang Jl. Jendral Sudirman – Jl. Teluk Betung pada arus puncak mendapatkan
kapasitas 896,34 smp/jam, derajat kejenuhan 2,176 , untuk tundaan simpang 10,352 detik dan peluang
antrian antara 226,53% - 571,761%. Berdasarkan derajat kejenuhannya, tingkat pelayanan Simpang Jl.
Jendral Sudirman – Jl. Teluk Betung adalah F. Sedangkan menggunakan metode software PTV Vissim
kinerja Simpang Jl. Jendral Sudirman – Jl. Teluk Betung pada arus puncak mendapatkan panjang antrian
pada lengan Jl. Jendral Sudirman bagian Selatan 255,49 m, lengan Jl. Jendral Sudirman Bagian Utara
0,67 m dan lengan Jl. Teluk Betung Bagian Barat 242,91 m. Tundaan kendaraan pada Jl. Jendral
Sudirman bagian Selatan 163,22 detik, lengan Jl. Jendral Sudirman Bagian Utara 13,28 detik dan lengan
Jl. Teluk Betung Bagian Barat 65,05 detik. Untuk waktu tundaan, nilai Level of Service pada lengan Jl.
Jendral Sudirman bagian Selatan adalah 6 (F), lengan Jl. Jendral Sudirman Bagian Utara adalah 3 (C)
dan lengan Jl. Teluk Betung Bagian Barat adalah 5 (E).


Ketersediaan

TAFT240090S S1 TA 0755 PRA pPerpustakaan Fakultas Teknik (SKRIPSI SIPIL)T E R S E D I A
TAFTE240090S S1 TA 0755 PRA pPerpustakaan Fakultas Teknik (SKRIPSI SIPIL)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S S1 TA 0755 PRA p
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
4219215041
Klasifikasi
S S1 TA 0755 PRA p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this