Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PENUMPANG PADA KM. SABUK NUSANTARA 88
Setiarini - Pembimbing Materi
Dr. Aulia Keiko Hubbansyah, S.I.A., S.Akt., M.M., MSE. - Pembimbing Metodologi
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan kepuasan penumpang pada KM. Sabuk Nusantara 88. Metode penulisan ini yaitu kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung pada KM. Sabuk Nusantara 88 mulai dari 1 Januari 2023 sampai dengan 08 Januari 2024. Strategi pemasaran merupakan cara bagaimana bisnis dilakukan, interaksi, norma, target pasar dan teknologi yang digunakan untuk menunjang performance menjadi lebih baik, efektif dan efisien yang berimplikasi pada kepuasan konsumen pada produk atau layanan yang ditawarkan.
Penulisan ini menggunakan 6 (enam) orang responden, yang terdiri dari 3 petugas KM. Sabuk Nusantara 88 dan 3 penumpang. Teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara berupa kuisioner penilaian dari faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Hasil penilaian dianalisa dengan menggunakan Analisa matriks SWOT IFE dan EFE.
Hasil Penulisan menunjukkan strategi pemasaran KM. Sabuk Nusantara 88 sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis matriks IFE yang memperoleh nilai 3,55, menunjukkan bahwa Kapal Sabuk Nusantara 88 berada di atas rata-rata dari keseluruhan posisi strateginya dalam usaha memanfaatkan kekuatannya dan menyembunyikan kelemahannya jika perlu. Posisi ini menggindikasikan Kapal Sabuk Nusantara 88 yang berada pada posisi I yaitu tumbuh dan membangun (Grow And Built). Kemudian dari hasil analisis matriks EFE Kapal Sabuk Nusantara 88 menghasilkan nilai 3,06. Total skor 3,06 menunjukkan bahwa Kapal Sabuk Nusantara 88berada di atas rata-rata dari keseluruhan posisi strategisnya dalam usaha untuk memanfaatkan peluang-peluang eksternal dan menghindari ancaman-ancaman yang mungkin timbul. Namun demikian, masih ada ruang cukup luas untuk peningkatan.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kepuasan Penumpang, Analisis IFE dan EFE
Ketersediaan
ESFEB1122216037 | Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis | T E R S E D I A |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP): Jakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
1122216037/FEB
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain