Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Di Kecamatan Serang
Iha Haryani Hatta - Kontributor
Prih Sarnianto - Kontributor
Jumlah Apotek yang terus bertambah membuat persaingan bisnis antar Apotek
semakin meningkat, dan berkurangnya jumlah resep mengharuskan Apotek untuk
mengoptimalkan strategi bauran pemasaran guna dalam membangun loyalitas
pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran
terhadap keputusan pembelian, dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan.
Pada penelitian kuantitatif ini, data primer diambil melalui wawancara dengan
menggunakan kuesioner terstruktur yang telah divalidasi. Data primer dari 200
pelanggan diambil menggunakan metode simple random sampling dari 3 Apotek
yang berada di Kecamatan Serang, dianalisis dengan Structural Equation
Modelling software AMOS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model SEM yang dihasilkan sudah cukup baik dengan 5 kriteria sudah memenuhi
syarat diantaranya RMSEA(0,080), CFI(0,900), PGFI(0,630), PNFI(0,710), dan
CMIN/DF(2,276). Bauran pemasaran Produk (P 0,000), Harga (P 0,009), Orang
(P 0,003), dan Proses (P 0,000) berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Bauran pemasaran Lokasi (P 0,548), Promosi (P 0,890), dan Bukti
fisik (P 0,266) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian
Bauran pemasaran Produk (P 0,004), Harga (P 0,048), dan Orang (P 0,048)
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Bauran pemasaran Lokasi (P
0,272), Promosi (P 0,611), Proses (P 0,322), dan Bukti fisik (P 0,360) tidak
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Keputusan pembelian berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan (P 0,007). Untuk membangun loyalitas
pelanggan perlu mengoptimalkan beberapa aspek bauran pemasaran seperti produk
harus bervariasi, lengkap dan selalu tersedia. Harga produk yang murah, Apotek perlu
menjalankan promosi digital baik melalui media iklan ataupun televise, Apoteker dapat
menjelaskan secara detail obat, berperilaku ramah dan cekatan saat bekerja, Apoteker
memberikan pelayanan dengan cepat dan mudah, Pemilik sarana Apotek dapat
meningkatkan fasilitas seperti menyediakan pengecekan kesehatan dan ruang tunggu
yang nyaman.
Ketersediaan
FFET23638 | FFET23638 | Perpustakaan Fakultas Farmasi | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
FFET23638
|
Penerbit | Fakultas Farmasi Universitas Pancasila: Jakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
171 p.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
5420220028
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain