Image of Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Apotek Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur

Karya Ilmiah Mahasiswa

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Apotek Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur



Perubahan paradigma pada bisnis farmasi salah satunya apotek terjadi akibat
adanya program Jaminan Kesehatan Nasional. Pengadaan obat dengan harga murah
yang menjadi keunggulan program JKN sehingga terjadinya perubahan dari pasien
umum menjadi peserta JKN dimana obat secara langsung diberikan kepada pasien
tanpa biaya. Perubahan ini mungkin memberi dampak kepada apotek seperti
penerimaan resep yang menurun sehingga berpotensi kehilangan konsumen.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Kecamatan Cipayung Jakarta Timur pada
tahun 2017 sampai dengan 2022 sebanyak 40 apotek didirikan di Kecamatan
Cipayung, 28 apotek (70%) tetap berdiri dan 12 apotek (30%) tutup. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan
terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen apotek
di Kecamatn Cipayung Jakarta Timur. Metode Penelitian ini termasuk penelitian
kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling,
kemudian data diolah dengan program statistik Smart PLS. Sampel yang ditentukan
melalui rumus slovin sebesar 100 responden dengan instrumen penelitian yaitu
kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki
pengaruh terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan tidak memiliki
pengaruh terhadap keputusan pembelian. Bauran pemasaran memiliki pengaruh
terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap
loyalitas konsumen. Keputusan pembelian memiliki pengaruh terhadap loyalitas
konsumen. Bauran pemasaran memiliki pengaruh dengan loyalitas konsumen
melalui keputusan pembelian. Kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh
terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian. Untuk membangun
loyalitas konsumen apotek perlu mengoptimalkan beberapa aspek pada bauran
pemasaran dan kualitas pelayanan seperti produk harus bervariasi, lengkap dan
selalu tersedia. Harga produk yang murah, Apotek perlu menjalankan digital
marketing sehingga dapat memperoleh hasil yang sesuai. Apotek dapat
memberikan penandaan keberadaan yang lebih jelas seperti reklame atau baliho.
Apotek perlu meningkatkan kompetensi karyawannya supaya pelayanan obat yang
dibutuhkan oleh konsumen dapat tercapai dengan baik.


Ketersediaan

FFET23628FFET23628Perpustakaan Fakultas FarmasiB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
FFET23628
Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
158 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
5421220032
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this