Image of Skripsi: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Service dengan Metode Importance-Performance Analysis di Motoquick

Karya Ilmiah Mahasiswa

Skripsi: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Service dengan Metode Importance-Performance Analysis di Motoquick



Motoquick merupakan retail sepeda motor dari PT. Astra Otoparts, bergerak dibidang
penjualan spare part dan pelayanan penggantian ban, oli, aki sepeda motor. Kepuasan
pelanggan terhadap pelayanan sangat mempengaruhi kesetiaan pelanggan terhadap suatu
jasa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persentase kepuasan pelanggan yang puas
dan ingin datang kembali, mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan
terhadap atribut pelayanan, mengetahui atribut pelayanan yang dianggap penting dan perlu
diperbaiki, mengetahui konsep dan strategi implementasi perbaikan terhadap atribut
pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance–Performance
Analysis. Metode ini bertujuan menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap atribut
pelayanan, yang dituangkan pada diagram kartesius, tujuannya perusahaan mengetahui
pelayanan yang diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan. Dalam menentukan prioritas,
digunakan metode pendukung yaitu weighted product. Berdasarkan hasil penelitian,
persentase kepuasan pelanggan yang puas dan ingin datang kembali adalah 67,50%,
kemampuan mekanik menjelaskan kondisi kendaraan merupakan pelayanan dengan
kepuasan terendah sebesar 75,20%, garansi spare part merupakan pelayanan dengan
kepuasan tertinggi sebesar 85,85%, rata – rata tingkat kesesuian kepuasan pelanggan
terhadap atribut pelayanan adalah 81,87%, terdapat 4 atribut yang dianggap penting dan
harus diperbaiki, yaitu kemampuan mekanik menjelaskan kondisi kendaraan, kebersihan
kendaraan setelah service, fasilitas ruang tunggu dan kebersihan outlet. Dengan metode
weighted product di dapatkan prioritas pertama perbaikan yaitu menyediakan majun, semir
ban, dan SOP kebersihan dengan nilai 0,2993, prioritas kedua yaitu membuat form order
dengan additional service dengan nilai 0,2699, prioritas ketiga yaitu kelola tata letak dan
fasilitas ruang tunggu dengan hasil 0,2331, prioritas keempat yaitu membuat form check
dan SOP kebersihan outlet Motoquick dengan hasil 0,1978.


Ketersediaan

TAFT240111TI S1 TA 0532 SET aPerpustakaan Fakultas Teknik (SKRIPSI INDUSTRI)T E R S E D I A
TAFTE240111TI S1 TA 0532 SET aPerpustakaan Fakultas Teknik (SKRIPSI INDUSTRI)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TI S1 TA 0532 SET a
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
4419218001
Klasifikasi
TI S1 TA 0532 SET a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this