Image of Analisis dan Pengembangan Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing Honestdocs Sebagai Perusahaan START-UP di Era Industry 4.0

Textbook

Analisis dan Pengembangan Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing Honestdocs Sebagai Perusahaan START-UP di Era Industry 4.0



Salah satu platform e-commerce telemedicine di Indonesia yang turut andil sebagai
perusahaan startup digital berbasis kesehatan adalah HonestDocs. HonestDocs
dikembangkan sebagai dampak dari perkembangan teknologi di era revolusi
industri 4.0. Perubahan perilaku konsumen pengguna layanan kesehatan digital dan
banyaknya kompetitor membuat HonestDocs harus menetapkan strategi yang lebih
baik di pasar telemedicine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi

exisiting yang digunakan oleh perusahaan startup HonestDocs di platform e-
commerce dan menganalisis strategi yang dapat dikembangkan untuk

meningkatkan daya saing HonestDocs sebagai perusahaan startup di era industry
4.0. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan wawancara. Responden survei terdiri dari 241 orang
(57,66%) perempuan dan 177 orang (42,34%) laki-laki, sedangkan wawancara
dilakukan kepada stakeholder HonestDocs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi existing yang digunakan oleh perusahaan startup HonestDocs terletak pada
aspek sumber daya manusia, keuangan, tata kelola perusahaan, dan pemasaran.
Sedangkan analisis SWOT menunjukkan bahwa HonestDocs berada pada posisi
kuadran IV dimana memiliki kelemahan dan ancaman yang berarti, sehingga
strategi yang sesuai untuk disarankan ke HonestDocs adalah strategi W-T/strategi
defensif. Strategi defensif diimplementasikan dengan melakukan penguatan dan
positioning serta branding HonestDocs yang tidak hanya berfokus di Jabodetabek
dan pulau Jawa saja. Penerapan pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS) melalui
skema ERRC (Eliminate, Reduce, Raise, dan Create) menghasilkan rumusan
sebagai berikut: (1) Dihapuskan image masyarakat tentang mahalnya biaya yang
dibutuhkan untuk menggunakan layanan kesehatan digital dan image masyarakat
tentang kurangnya brand awareness terhadap kesehatan; (2) Dikurangi
kebergantungan dengan HonestDocs Thailand; (3) Ditingkatkan pembuatan konten
advertising, pemberian informasi kesehatan yang berkualitas, kerjasama dengan
apotek rekanan terutama di luar Pulau Jawa, dan pelatihan skill pada SDM
HonestDocs; (4) Diciptakan kerjasama dengan perusahaan advertising, fitur &
layanan oleh praktisi kesehatan secara spesifik, tampilan web dan mobile app yang
menarik dan mudah dipahami, kerjasama dengan ekspedisi 4L khusus perbekalan
farmasi, standarisasi pengemasan / packaging perbekalan farmasi.


Ketersediaan

FFET23589FFET23589Perpustakaan Fakultas FarmasiT E R S E D I A

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
FFET23589
Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Pancasila: Jakarta.,
Deskripsi Fisik
161 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
5419221062
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this