No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

HUBUNGAN ANTARA SELF COMPASSION DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG TELAH BEKERJA



Pendidikan merupakan suatu pondasi yang penting bagi pembangunan sumber daya manusia. Apabila
terdapat self compassion yang rendah terhadap mahasiswa tingkat akhir yang telah bekerja maka hal
ini akan berdampak buruk terhadap resiliensi dalam bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara self compassion dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir
yang telah bekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan sample penelitian
berjumlah 322 mahasiswa tingkat akhir yang telah bekerja yang berada di JABODETABEK. Alat ukur yang
digunakan dalam penelitian ini adalah self compassion scale untuk mengukur variabel self compassion
dan alat ukur the academic resilience scale (ARS 30) untuk mengukur variabel resiliensi akademik.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji spearman rank-order correlation,
dikarenakan data yang telah didapatkan dalam penelitian ini tidak terdistribusi secara normal.
Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self compassion
dengan resiliensi akademik (p= 0.000) dan nilai r= 0.924 sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin
tinggi self compassion maka akan semakin tinggi resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir
yang telah bekerja.


Ketersediaan

FPS231028S 1028Perpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1028 JUL h
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6020210001
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this