Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
PENGALAMAN KONSELING YANG DIBERIKAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KASUS NON SUICIDAL SELF INJURY (NSSI) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH TAS
Perilaku non suicidal self injury (NSSI) di kalangan remaja merupakan masalah
yang signifikan, Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman
konseling yang diberikan guru bimbingan konseling dalam menangani kasus non
suicidal self injury di kalangan siswa mereka. Penelitian kualitatif dengan jenis
studi kasus ini melibatkan 4 orang guru bimbingan kosenling sekolah menegah atas
di daerah Jabodetabek. Wawancara mendalam semi – terstruktur di analisis dengan
analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema . Temuan dari penelitian ini
menghasilkan 3 tema utama, terkait dengan sikap guru bimbingan konseling saat
mengetahui perilaku non suicidal self injury, tahap – tahap yang dilakukan guru
bimbingan kosenling dalam memberikan konseling, serta kendala yang dihadapi
guru bimbingan konseling saat memberikan penanganan terhadap perilaku NSSI
yang terjadi pada siswi. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih luas
tentang pengalaman guru bimbingan konseling dan menggarisbawahi perlunya
peningkatan pengetahuan guru bimbingan konseling dalam menangani kasus non
suicidal self injury pada siswa. Implikasi dengan jangka panjang guru bimbingan
konseling diharapkan dapat mendeteksi dan memberikan pertolongan pertama
apabila perilaku NSSI terjadi pada siswanya.
Ketersediaan
FPS231049 | S 1049 RAI p | Perpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi) | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
S 1049 RAI p
|
Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
6020210039
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
2024
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain