No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

HUBUNGAN COLLECTIVE EFFICACY DAN BURNOUT PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara collective
efficacy dan burnout pada guru SLB. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Jumlah partisipan yang
didapatkan sebanyak 121 merupakan guru SLB yang memiliki pengalaman
mengajar minimal 1 tahun, mengajar di SLB daerah DKI Jakarta, dan memiliki
latar pendidikan Strata 1 (S1) dari bidang terkait. Penelitian ini menggunakan
alat ukur Maslach Burnout Inventory Educator-Survey dari Maslach dkk. (1996)
yang dikembangkan oleh Akter dkk. (2022) dan Collective Efficacy Scale Short-
Form dari Goddard (2002) yang dikembangkan oleh Sorlie dan Hukkelberg
(2022). Teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson Correlation. Hasil
menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara collective
efficacy dan burnout pada guru SLB. Artinya, jika skor collective efficacy tinggi,
maka skor burnout rendah, sebaliknya jika skor collective efficacy rendah, maka
skor burnout tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa collective efficacy rendah
dan tingkat burnout tinggi pada guru SLB. Oleh karena itu, guru SLB harus
melakukan kolaborasi dengan kolega dan manajemen SLB membuat pelatihan
manajemen stres untuk guru SLB.


Ketersediaan

FPS231055S 1055 DIN hPerpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1055 DIN h
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6020210057
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this