No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

PERAN MORAL DISENGAGEMENT TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING BYSTANDER (CYBER-BYSTANDER) DI INSTAGRAM PADA REMAJA AKHIR



Terdapat tiga peran utama pada situasi cyberbullying yaitu sebagai pelaku, korban,
dan pengamat yang menyaksikan perundungan (cyberbullying bystander) Penelitian memiliki
tujuan untuk menelusuri apakah terdapat peran moral disengagement terhadap perilaku
cyber-bystander (passive outsider online, defender of cybervictim online dan reinforcer of
cyberbully online) di instagram pada remaja akhir. Sehingga, kategori penelitian yang digunakan
pada penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif regresi dan memakai jenis penelitian cross-
sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dan melibatkan sebanyak 364
partisipan yang memenuhi kriteria partisipan dalam penelitian dengan rentang usia 15 – 20 tahun
serta memiliki Instagram. Pengukuran yang digunakan pada penelitian ini yaitu Cyberbullying
Bystander Scale (CBS) oleh Sarmiento dkk. (2019) dan Moral Disengagement Scale oleh Hymel dkk.
(2005). Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan uji non-parametrik.
Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa moral disengagement memiliki peran yang signifikan
terhadap ketiga perilaku cyber-bystander yaitu
passive outsider online, defender of cybervictim dan reinforcer of cyberbully online


Ketersediaan

FPS231075S 1075 CIN pPerpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1075 CIN p
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6020210107
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this