No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

PENGARUH STRES AKADEMIK DAN PROBLEM-FOCUSED COPING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA



Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh stres akademik dan problemfocused
coping terhadap psychological well-being pada mahasiswa. Stres akademik
yang tinggi sering dikaitkan dengan penurunan psychological well-being
mahasiswa, sementara penggunaan problem-focused coping dihipotesiskan
memiliki dampak yang positif terhadap psychological well-being. Sampel
penelitian terdiri dari 308 mahasiswa yang berasal dari PTN dan PTS di Indonesia,
didapatkan melalui teknik convenience sampling. Instrumen yang digunakan adalah
Mental Health Continuum Short-Form (MHC-SF), Educational Stress Scale for
Adolescenst (ESSA), dan Brief Cope. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
stres akademik berpengaruh negatif signifikan terhadap psychological well-being
(β = -0.299, p < .001), sedangkan problem-focused coping berpengaruh positif
signifikan (β = 0.414, p < .001). Model regresi secara keseluruhan menjelaskan
27.3% variasi dalam psychological well-being (R² = 0.273, F = 57.400, p < .001).
Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa stres akademik terbukti memiliki efek
negatif terhadap psychological well-being mahasiswa dan strategi problem-focused
coping menunjukkan dampak positif yang signifikan.


Ketersediaan

FPS231082S 1082 FID pPerpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1082 FID p
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6020210122
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this