Detail Cantuman
Karya Ilmiah Mahasiswa
PENGARUH STRES AKADEMIK DAN PROBLEM-FOCUSED COPING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA
Farida Aini, M.Psi., Psikolog - Kontributor
Dr. Silverius Y. Soeharso, S.E., M.M., M.Psi.,Psikolog - Kontributor
Aully Grashinta, M. Si., Psikolog - Penguji
Prof. Farida Kuroiawati, S.Psi., M.Sp.Ed., Ph.D., Psikolog - Penguji
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh stres akademik dan problemfocused
coping terhadap psychological well-being pada mahasiswa. Stres akademik
yang tinggi sering dikaitkan dengan penurunan psychological well-being
mahasiswa, sementara penggunaan problem-focused coping dihipotesiskan
memiliki dampak yang positif terhadap psychological well-being. Sampel
penelitian terdiri dari 308 mahasiswa yang berasal dari PTN dan PTS di Indonesia,
didapatkan melalui teknik convenience sampling. Instrumen yang digunakan adalah
Mental Health Continuum Short-Form (MHC-SF), Educational Stress Scale for
Adolescenst (ESSA), dan Brief Cope. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
stres akademik berpengaruh negatif signifikan terhadap psychological well-being
(β = -0.299, p < .001), sedangkan problem-focused coping berpengaruh positif
signifikan (β = 0.414, p < .001). Model regresi secara keseluruhan menjelaskan
27.3% variasi dalam psychological well-being (R² = 0.273, F = 57.400, p < .001).
Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa stres akademik terbukti memiliki efek
negatif terhadap psychological well-being mahasiswa dan strategi problem-focused
coping menunjukkan dampak positif yang signifikan.
Ketersediaan
FPS231082 | S 1082 FID p | Perpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi) | B A C A D I T E M P A T |
Lampiran Berkas
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
S 1082 FID p
|
Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN/NPM |
6020210122
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
Textbook
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
2024
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain