No image available for this title

Karya Ilmiah Mahasiswa

PERAN GRIT TERHADAP IDE BUNUH DIRI (SUICIDE IDEATION) PADA MAHASISWA



Ide bunuh diri merupakan permasalahan Kesehatan mental yang menimbulkan
kekhawatiran di berbagai aspek. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang rentang mengalami ide
bunuh diri. Hal ini dikarenakan mahasiswa mengalami banyak tekanan selama menjalani prose
pembelajaran. Untuk dapat mencegah timbulnya ide bunuh diri pada mahasiswa, faktor pelindung berupa
grit sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar mahasiswa terhindar dari ide bunuh diri. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran grit terhadap ide bunuh diri pada mahasiswa.
Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif yang tidak dalam keadaan cuti yang
berjumlah 226 partisipan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Ide bunuh
diri diukur menggunakan Suicidal Ideation Scale (SIS-R) yang dikembangkan oleh (1989) dan grit
diukur dengan The Grit Scale (TGS-D) yang dikembangkan oleh Duckworth dkk. (2007). Hasil penelitian
ini menunjukan ada peran positif signifikan grit terhadap ide bunuh diri pada mahasiswa.
Berdasarkan hasil temuan ini, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat grit yang dimiliki
mahasiswa maka ide bunuh diri akan meningkat. Meskipun demikian, untuk penelitian selanjutnya
dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi ide bunuh diri.


Ketersediaan

FPS231088S 1088 FAR pPerpustakaan Fakultas Psikologi (Skripsi)B A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1088 FAR p
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): jakarta selatan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
6020210138
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
Textbook
Tipe Pembawa
-
Edisi
2024
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this