Image of Uji Pasar Produk Anti Kutu Rambut (Pedikulosida) Alami

Karya Ilmiah Dosen

Uji Pasar Produk Anti Kutu Rambut (Pedikulosida) Alami



Anti Kutu Rambut (Pedikulosida) natural Zaitunc Anti Head Lice & Nits adalah produk yang dihasilkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Zahara Natural yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat. Zahara Natural adalah produsen personal care skala UMKM yang mengusung inovasi pada formulasinya yang natural. Sebagaimana tahap pengembangan produk pada umumnya, untuk mempersiapkan komersialisasi yang optimal, maka perlu dilakukan uji pasar terlebih dahulu terhadap produk tersebut.
Uji pasar yang dilakukan terhadap Zaitunc Anti Head Lice & Nits difokuskan untuk memberikan luaran yang meliputi penilaian produk, karakteristik konsumen, serta wawasan pasar dan pesaing. Uji dilakukan dengan melakukan aktivitas penjualan melalui platform perdagangan elektronik (e-commerce) Tokopedia untuk mendapatkan data primer, dilanjutkan dengan menilai respon pembeli, menghimpun data demografis pembeli, serta data pasar dan pesaing. Data-data sekunder terkait turut dihimpun sebagai pelengkap. Analisis dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif deskriptif non statistik.
Hasil uji pasar menunjukan data penjualan Zaitunc Anti Head Lice & Nits dalam satu (1) tahun sejak Juni 2020 s.d Mei 2021 adalah sebanyak 276 botol, dengan rating kepuasan 4.9 skala 5 dari 126 akun pemberi rating. Dari 33 akun pemberi komentar, didapatkan 37 kata positif yang didominasi oleh kata “Bagus”, “Ampuh”, dan “Puas”. Informasi demografis pembeli menunjukkan 91% berasal dari Pulau Jawa dengan pembelian terbanyak dari Provinsi Jawa Barat (40%), diikuti dengan DKI Jakarta (28,2%), Banten (12%), dan Jawa Timur (7%). Hasil analisis memperdiksikan peluang pasar e-commerce pedikulosida di kisaran 99,9% dari potensi pasarnya, atau sebanyak 25,9 juta jiwa, dengan pertumbuhan hingga 78% per tahun. Pangsa pasar pedikulosida di platform Tokopedia dalam lima tahun terakhir didominasi oleh 4 merk yaitu Nabila, fayolla, Shiramii, dan Peditox. Berdasarkan jumlah transaksi pekanan tokopedia kategori pedikulosida, Zahara Natural saat ini menempati peringkat ke-6. Formula yang 100% natural adalah faktor pembeda sekaligus keunggulan inovatif produk Zaitunc AHLN dibandingkan produk-produk pesaing. Oleh karena itu, strategi komersialisasi yang disarankan adalah diferensiasi.


Ketersediaan

EKIDUPT220004615.4/EKIDUPT220004Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
615.4/EKIDUPT220004
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
7 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
615.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this