Image of Pengembangan Alat Ukur Adiksi Game Online Remaja Di Pulau Jawa

Karya Ilmiah Dosen

Pengembangan Alat Ukur Adiksi Game Online Remaja Di Pulau Jawa



Teknologi digital yang semakin maju menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia. Hal ini menghasilkan banyak kemudahan seperti untuk berkomunikasi, memajukan usaha, hingga menyediakan pilihan kegiatan bersifat hiburan yang dapat dilakukan secara online, seperti game online. Kehadiran game online pada nyatanya menimbulkan suatu kondisi yang cukup memprihatinkan, yaitu adiksi terhadap game online, atau kecenderungan individu untuk memainkan games online secara berlebihan. Penelitian ini pun berfokus pada remaja karena remaja adalah kelompok yang paling potensial memanfaatkan perkembangan teknologi namun sekaligus yang paling berisiko memiliki dampak dari perkembangan teknologi khususnya adiksi game online. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi alat ukur yang komprehensif tentang adiksi game online pada remaja. Responden penelitian ini adalah 235 remaja di pulau Jawa, yaitu 177 laki-laki 58 perempuan. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Rasch Model, instrumen adiksi games online yang peneliti kembangkan terbukti konsisten dan memiliki unidimensionalitas yang dapat menggambarkan adiksi games online pada usia remaja di pulau Jawa.


Ketersediaan

EKIDUPT240005150/EKIDUPT240005Perpustakaan PusatB A C A
D I T E M P A T

Lampiran Berkas

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
150/EKIDUPT240005
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi-UP): Jakarta.,
Deskripsi Fisik
33 p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN/NPM
-
Klasifikasi
150
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Pencarian Spesifik


Judul:
Pengarang:
Penerbit:
Koleksi:
Lokasi:

Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this